SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata kuliah : Strategi Pembelajaran PAI
Bobot SKS : 2 SKS
Semester : VI (Genap)
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Dosen : 1. Drs. Syamsu S.,M.Pd.I
2. Muhammad Guntur,S.Pd.,M.Pd
I. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah strategi pembelajaran PAI merupakan kelompok mata kuliah jurusan yang wajib diambil oleh mahasiswa jurusan tarbiyah (Jurusan Pendidikan).
Mata kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan bahan perkuliahan mengenai tugas dan peran guru, konsep dasar strategi pembelajaran,pembelajaran yang efektif,klasifikasi metode pembelajaran, model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, diharapkan dapat membantu mahasiswa sebagai calon guru menyiapkan diri dalam tugas keguruan dengan baik.
II. Standar Kompetensi
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar pembelajaran, mampu merencanakan dan melaksanakan strategi pembelajaran PAI yang kreatif dan menyenangkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
III. Kompetensi Dasar dan Materi Perkuliahan
Pertemuan | Kompetensi Dasar | Materi Perkuliahan |
1 dan 2 | Mendeskripsikan tentang tugas dan guru dalam pembelajaran | Tugas dan peran guru dalam pembelajaran 1. Guru dan masalahnya 2. Tugas dan guru dalam pembelajaran 3. Peran guru dalam pembelajaran |
3 dan 4 | Mendeskripsikan konsep dasar stratgi pembelajaran | Konsep dasar strategi pembelajaran 1. Pengertian strategi pembelajaran 2. Pengertian pembelajaran 3. Komponen-komponen pembelajaran 4. Antara mendidik dan mengajar |
5 dan 6 | Mengidentifikasi pembelajaran yang efektif | Komunikasi,pendekatan dan pembelajaran yang efektif 1. Komunikasi dalam pembelajaran 2. Pendekatan dalam pembelajaran 3. Pembelajaran yang efektif |
7 | UTS | |
8 dan 9 | Mengklasifikasi metode-metode mengajar | Metode pembelajaran 1. Pengertian dan kedudukan metode pembelajaran 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemiliham metode pembelajaran 3. Macam-macam metode pembelajaran |
Pertemuan | Kompetensi Dasar | Materi Perkuliahan |
10,11,12 dan 13 | Mendeskripsikan model pembelajaran kreatif dan menyenangkan | Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan 1. Model strategi pembelajaran aktif 2. Pengembangan variasi dalam pembelajaran 3. Pemberian penguatan dalam pembelajaran 4. Pengelolaan proses pembelajaran |
14 | UAS |
IV. Strategi Perkuliahan
Penyampaian materi perkuliahan dipilih dari beberapa metode mengajar yaitu model konvensional yang diipadu secara variatif dengan model pembelajaran aktif. Jenis metode dan strategi pembelajaran yang digunakan dituangkan dalam Lesson Plan / SAP.
V. Materi / Bacaan Perkuliahan
Buku Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
1. Ahmad Rohani. Pengelolaan Pengajaran.Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
2. Ahmad Sabri. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Cet. I: Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
3. E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. VII; Bandung:Remaja Rosdakarya, 2008
4. Hisyam Zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Cet.VD, 2007.
5. Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
6. Syaiful bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta; 2002.
7. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Cet XIX; Bandung: Rosdakarya, 2006.
Palopo, 23 Februari 2011
Dosen Pengampu
Muhammad Guntur,S.Pd.,M.Pd
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih infonya
BalasHapusYggdrasil casino in Poland
BalasHapusYggdrasil, a large casino 넷마블바카라 complex, 룰렛 전략 is the best example of a casino where you 로투스 바카라 can try something that you would 생활바카라 never 한게임 포커 머니 상 know. With over 5000 gaming