Halaman

Senin, 28 Februari 2011

MAKALAH MOBILITAS

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa Indonesia memiliki dua kedudukan dan fungsi yaitu sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa nasional. Berdasarkan berbagai fungsi tersebut tidak mengherankan bila bahasa Indonesia memilki bahasa dan ragam bahasa. Berdasarkan tempat atau daerahnya, bahasa Indonesia terdiri berbagai dialek. Berdasarkan sarananya didadapati ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis, berdasarkan penggunaannya .Berbahasa adalah fitra manusia, dalam dunia modern ini kemampuan berbahasa seseorang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa yang baik akan menghasilkan pembelajar yang baik sesuai tujuan dan sasaran pembelajaran.
B. Permasalahan
Berdasarkan uraian tersebut, maka yang menjadi permasalahan adalah:
1. Apa saja yang mempengaruhi mobilitas ?
2. Bagaimana homogenitas linguistik itu?
3. Apa saja perbedaan network dengan kelas?
C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.  Menguraikan pengaruh mobilitas
2.  Menguraikan berbagai studi networks
3.  Menguraikan homogenitas di berbagai negar
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:
1.      Mobilitas dipengaruhi oleh kasta dan kelas, mobilitas perbandingan,variasi bahasa
2.      Loyalitas individu pada network secara langsung berkaitan dengan penyesuaian seseorang terhadap nilai kolektif
3.      Keseragaman bahasa  tidak hanya  berlaku pesisir Eropa sebagai bentuk masyarakat yang patut dipertimbangkan, demikian juga daerah pedalaman
B. Saran
1. Tidak ada teori belajar bahasa yang lengkap, maka bagi pembaca haruslah me

Daftar Pustaka

Akhadiah, Sabarti dkk. 1998. Teori Belajar Bahasa. Jakarta: Depsiknas.
Hadley, Alice Omoggio. 1993. Teaching Language in Context. Boston: Heinle& Heninly Publidhers.
Purwo, Bambang Kaswanti. 1997. Pokok-pokok Pengajaran Bahasa dan Kurikulum 1994 Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Sapani, Suardi dkk. 1998. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Ster, H.H. 1983. Fundamental Concepts of Language Teachin. Oxford: Oxford University Press.

1 komentar: